Kamis, 15 November 2012

Morse dan Semaphore

 Morse
Sandi adalah cara pengiriman berita dengan menggunakan huruf atau isyarat tertentu yang hanya dapat dipahami oleh orang yang sama-sama mengerti huruf atau isyarat itu. Sandi Morse ini diciptakan oleh orang kebangsaan Amerika yang bernama Samuel Finky Morse pada tahun 1837 dan semboyan morse ini dipakai di seluruh dunia. Morse dapat dilaksanakan dengan berbagai cara diantaranya tulisan, suara atau bunyi, asap, sinar, bendera, pesawat telegraf dan lain sebagainya.

 Semaphore
Adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan dua bendera. Mengirim dan menerima semaphore hanya dapat dilakukan pada jarak 200 meter atau sejauh pandangan mata. Dan untuk warna yang sering digunakan adalah warna kuning dan merah. Yang mana pada tiap masing-masing berukuran 45 cm X 45 cm. sedangkan untuk tongkat semaphore panjangnya 50 cm.
Kode semaphore terdiri dari sikap tangan kiri dan kanan. Tiap-tiap bendera harus dipegang sedemikian rupa, sehingga tongkatnya merupakan sambungan tangan. Letak telunjuk diatas tongkat itu harus benar-benar lurus. Dan segala pergerakan dilakukan dengan kedua bahu, sementara itu kedua tangan tetap lurus





Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar